Jumat, 13 November 2009

Sosialisasi Kader Jumantik DBD





Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang berbasis lingkungan, yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Pencegahan penyakit DBD dapat dilaksanakan melalui beberapa cara:
- penyemprotan (namun tidak efektif karena hanya mematikan nyamuk dewasa)
- PSN DBD (menguras, menutup, mengubur), yg dapat memberantas jentik
- Larvisiding dengan menaburkan bubuk abate atau altasid (mematikan jentik)
Usaha paling efektif adalah usaha preventif, yaitu memeriksa jentik nyamuk oleh petugas jumantik (juru pemantau jentik), sehingga dapat mendeteksi lebih dini adanya jentik nyamuk aedes aegypti. Setiap RW memiliki 1 orang koordinator jumantik, sedangkan masing-masing RT diminta memiliki 3 orang petugas jumantik (1 sudah terlatih & 2 orang kader)
Oleh karena itu dalam menjaga efektifitas dan tujuan kegiatan maka setiap kader jumantik perlu diberikan pembekalan tentang: pengertian DBD, cara penularan, tanda2 DBD, pertolongan pertama, gejala DBD; ciri2 nyamuk, jentik & telur, siklus hidup, tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti.
Dari data se-kelurahan Duren Jaya (terdiri dari 18 RW), menunjukkan bahwa selama bulan Januari s/d September 2009 maka grafik yg tertinggi adalah bulan Juni (61 kasus) dan terendah bulan September (1 kasus). Kasus DBD selama tahun 2009 sebanyak 270 kasus, dengan korban meninggal 1 orang pd bulan Juni. Jumlah penderita tertinggi RW 10 (29 kasus), terendah RW 15 (1 kasus), sedangkan RW 18 peringkat terendah kedua (6 kasus).
Hari Rabu tgl 14 Oktober 2009 jam 19.30, RW 18 Duren Jaya mengadakan sosialisasi wabah DBD bertempat di sekretariat RW, diikuti oleh 36 petugas jumantik dari RT 1 s/d 12. Sebagai nara sumber adalah petugas dari puskemas kel Duren Jaya & koordinator tk RW 18. Setiap rumah baik yang berpenghuni maupun yang kosong wajib diperiksa oleh petugas jumantik. Setiap petugas dibekali senter, ballpoint, paper berjalan, format laporan, kartu PJB.
Tgl 18 Oktober 2009 jam 08.00 di lapangan serbaguna RW 18, dilalukan apel persiapan untuk pelaksanaan tugas jumantik, yang dihadiri oleh seluruh petugas masing2 RT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar